Portal Kamera

Cara Mudah Pakai Flash Eksternal Secara Wireless

Buat Anda yang sering memakai flash external waktu lakukan pemotretan di ruang, tentu saja ingin sesekali memakai piranti pencahayaan dengan nirkabel (wireless).

Skema flash nirkabel pada camera Digital Single-lens Reflex (DSLR) Canon akan membuat semua berasa gampang. Mencuplik situs Cnet, Selasa (2/12/2014), berikut langkah simpel memakai lampu flash external dengan nirkabel di camera DSLR Canon tak perlu memakai trigger.

Alat yang perlu disediakan

Untuk lakukan trick ini camera DSLR Anda tentu saja mesti mempunyai feature Wireless flash control terintegrasi. Bebera mode camera DSLR Canon yang mempunyai feature itu ialah Canon 7D Mark II, 70/60D, 700D, 650D, serta 600D.

Anda harus juga mempersiapkan satu speedlite atau lampu flash external yang bisa dikustomisasi, seperti mode 270 EX II, 320 EX, EX 430 I/II, 580 EX I/II, serta 600 EX. Ditambah speedlite ke-2 bila Anda ingin memakai dua pencahayaan.

Langkah awal

Nyalakan camera DSLR Anda serta pilih salah satunya model Manual exposure (PASM). Tekan tombol Q dibagian belakang camera untuk mengendalikan menu pada monitor serta gulir sampai Anda temukan simbol Flash.

Pilih dengan mendesak tombol Set. Di menu itu ada 3 pilihan: Normal flash firing, Easy wireless flash, serta Custom wireless flash. Lalu pilih Easy wireless flash.

Bila Anda tidak temukan simbol pada monitor dengan memakai cara tombol Q, cukuplah tekan tombol menu serta gulir sampai Anda lihat pilihan Flash control. Perihal ini umumnya diketemukan di halaman pertama dari menu Shooting (simbol camera berwarna merah). Lalu, scroll ke Built-in flash serta penyusunan EasyWireless.

Langkah ke-2


Selanjutnya : kamera canon 650D


Langkah selanjutnya, membuka lampu flash internal (pop up flash) pada camera DSLR Anda. Janganlah terlewat langkah ini, bila tidak skema nirkabel Anda akan tidak kerja.

Langkah ke-3

Saat ini waktunya untuk mengendalikan lampu flash external pada aliran yang sama juga dengan camera DSLR. Pada flash external mode 270 EX II, pilih penyusunan Slave memakai tombol fisik. Untuk mode 430 EX II, pakai monitor untuk mengendalikan flash menjadi unit Slave dengan mendesak serta meredam tombol Zoom.

Langkah ini akan menimbulkan aliran serta pilihan Slave. Yakinkan aliran ditata ke nomer yang sama dengan pada camera DSLR Anda. Bila receiver depan mulai berkedip, bermakna telah siap untuk terima tanda.

Langkah ke empat

Posisikan lampu flash external dimana juga Anda senang, seandainya masih juga dalam garis pandang camera. Anda bisa ambil photo serta melakukan eksperimen dengan konfigurasi.

Langkah ke lima

Untuk mengkonfigurasi lampu flash external lainnya (lampu flash external penambahan), Anda bisa mengendalikan unit ke-2 menjadi Slave pada aliran yang sama serta itu akan disinkronisasikan dengan lampu flash external pertama.


Terdapat beberapa langkah untuk meningkatkan konfigurasi, termasuk juga mensetting penyusunan flash external dengan group serta memakai rasio bidikan untuk penyusunan kontrol eksposur yang lebih pas. Anda bisa temukan opsi-opsi penambahan dalam pilihan menu Custom flash wireless. (Isk/Dew)

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Cara Mudah Pakai Flash Eksternal Secara Wireless
      Komentar(0)